Semangat Jihad Seorang Kader Dakwah

Sumber Gambar dari sini https://kammistksbandung.files.wordpress.com/2012/02/makan-bareng-melingkar1.jpg

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Sebagai seorang aktivis dakwah yang baru lahir, saya masih sangat awam mengenai masalah pergerakan mahasiswa. Apa sih tujuannya….?? Paling aksi mengkritik kebijakan pemerintah. Trus aksinya di jalan lagi, buat macet lah, kerusuhan lah, sampai-sampai bentrok dengan polisi.

Gak ada gunanya dehhh…..!!!

Yaaa itu pendapat saya sebelum mengenal apa itu sebenarnya pergerakan mahasiswa. Ternyata peran mahasiswa sangatlah penting dalam membangun bangsa ini. Karena mahasiswa adalah usia saat kita sebagai seorang pemuda memiliki gejolak semangat yang sangat tinggi. Sehingga ketika dihadapkan pada suatu permasalahan, pemuda cenderung kritis terhadap apa yang dipandangnya kurang sesuai dengan apa yang dia pikirkan. Namun pergerakan pemuda khususnya mahasiswa ini memerlukan suatu wadah yang dapat mengarahkan mahasiswa untuk bergerak. Bukan asal bergerak asal-asalan tanpa tujuan yang jelas, tapi suatu pergerakan yang memang memiliki landasan ideologi yang benar dan jelas sehingga nantinya akan menghasilkan mahasiswa yang berkualitas yang dapat membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik.

Pertama kali saya mengenal pergerakan mahasiswa secara riil ketika saya kuliah di Kampus STKS Bandung. Saya menentukan pilihan untuk bergabung di salah satu wadah pergerakan mahasiswa muslim yaitu KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia). Awalnya saya beranggapan, dari namanya saja tercantum kata “AKSI”, berarti sama donk dengan organisasi pergerakan mahasiswa lainnya…? Pasti kerjanya cuman aksi turun ke jalan….!! waddduuuhhhh…….!!! Namun anggapan saya lambat laun sirna ketika saya mengenal lebih jauh apa itu sejatinya KAMMI.

Ternyata KAMMI bukan hanya sekedar aksi turun ke jalan, di KAMMI saya diajarkan banyak hal terutama tentang agama Islam. Dan yang paling berbekas di hati saya yaitu “Ukhuwwah Islamiyah” atau dalam bahasa Indonesia disebut “Persaudaraan antara Umat Islam”. Kita sebagai umat muslim disatukan dalam Islam tanpa memandang status sosial, jabatan, umur, kekayaan, dan lain-lain. Dan hal itu sangat saya rasa ketika saya mengikuti DM (Daurah Marhalah) 1 yang dilaksanakan KAMMI ITB. Jujur pada saat itu pertama kalinya saya melaksanakan shalat tahajjud. Saya tersadar betapa rendahnya saya di hadapan Sang Pencipta. Saya tersadar betapa banyaknya dosa-dosa yang saya perbuat selama ini. Betapa lalainya saya terhadap perintah-perintah Allah. Dan saat DM 1 juga saya mengucurkan air mata bahagia penuh haru. Air mata anak bangsa yang merindukan perdamaian di negerinya. Air mata seorang saudara yang rindu perjuangan bersama saudaranya.  Air mata seorang mujahid……!!!

Ikrar Mujahid

  • Jika ada 1000 orang yang berjihad di jalan Allah, maka salah satunya adalah aku
  • Jika ada 100 orang yang berjihad di jalan Allah, maka salah satunya adalah aku
  • Jika ada 10 orang yang berjihad di jalan Allah, maka salah satunya adalah aku
  • Jika hanya ada 1 orang yang berjihad di jalan Allah, maka itu adalah aku
  • Dan jika sudah tidak ada lagi orang yang berjihad di jalan Allah, maka saksikanlah aku telah mati SYAHID

Begitu luar biasa makna dari ikrar tersebut. Setelah memahaminya secara mendalam, saya bahkan semua orang yang membacanya berkesimpulan bahwa diharapkan pribadi kita masing-masing adalah makhluk terakhir di alam semesta ini yang berjihad di Jalan Allah…..!!!

**Catatan hati seorang Kader Dakwah pada 11 Mei 2012

Gerakan Kader KAMMI Menulis (GK2M) oleh Muhammad Ikhlas Samad

Staf Pengembangan Sosial Masyarakat (PSM)

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) STKS Bandung

Categories: Ke-KAMMI-an | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Ikhwah Berkomentar!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: