Jaulah Perdana Humas KAMDA Bandung ke KAMMI Komisariat STKS Bandung

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Hari ini, Ahad 13 Mei 2012 KAMMI STKS Bandung mendapatkan tamu dari Humas KAMDA (KAMMI Daerah) Kota Bandung. Luar biasa, KAMMI STKS Bandung yang masih berstatus BSO (Badan Semi Otonom) di bawah Komisariat ITB mendapatkan kesempatan berharga untuk bisa menyambut kader-kader huebat dari KAMMI Daerah Kota Bandung. Namun bukan terpatok karena kader-kader huebatnya saja kami berbahagia, melainkan karena perhatian dari KAMDA sendiri yang membuat kami menjadi terharu sekaligus semanggi (semangat tinggi) yang sebenarnya memang sudah tinggi ini. Allahu Akbar!!

Datang langsung Kepala Departemen (Kadep) Humas KAMDA yakni Ukh Siti Aisyah (yang afwan pada awalnya salah dengar sehingga namanya menjadi Essa) ditemani oleh Ukh  Siti Wulansari Rasidi selaku Bendahara Umum KAMDA. Memang tidak semua staf di Humas KAMDA dapat turut serta menemani Kadep-nya melangkahkan kaki ke Kampus Perjuangan STKS Bandung, namun beliau-beliau saja sudah cukup informatif dan membakar semangat dari kader KAMMI STKS Bandung. Luar Biasa!!

Pertemuan sekitar 1,5 jam tersebut telah banyak membahas hal-hal penting terkait dengan Humas Gerakan. Tentunya mengenai Humas Gerakan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) itu sendiri. Penyambutan sederhana dari KAMMI STKS Bandung untuk kader yang gemar bertindak sederhana namun membawa makna ini sungguh terasa. Hanya camilan snack ringan dan air berasa manis itulah yang bisa kami hidangkan tanpa adanya makan siang ataupun bingkisan jajanan untuk dibawa pulang. Cukup ditambah senyum tulus ikhlas dan penuh kasih sayang dari kami lah yang dapat dihidangkan untuk lebih mengeratkan tali ukhuwah diantara sesama pejuang dakwah fi sabilillah. Allahu Akbar!!

Pada awalnya Ukh Aisyah menjelaskan mengenai struktur kepengurusan Humas KAMDA itu sendiri, kemudian dilanjutkan dengan memaparkan program kerja yang dijalankan oleh departemen tersebut. Disebutkan bahwa tugas utama Humas adalah:

  1. Pencitraan Gerakan (mengenai desa binaan, pengawalan kasus bansos, dan juga penokohan pemimpin gerakan)
  2. Penguatan Jaringan (media dan tokoh-tokoh non politik)

Kelihatannya memang hanya ada dua tugas, namun jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh, maka kerja dari Humas itu sudah banyak. Karena mereka memang bekerja mulai dari mengangkat pencitraan dari komisariat, juga citra KAMDA ke khalayak umum hingga ke pandangan Nasional. Selain itu, Humas KAMDA juga memiliki kajian-kajian tersendiri yang muatannya berbeda dengan kajian dari Departemen Kebijakan Publik (KP). Nah, untuk melaksanakan itu semua, tentunya KAMMI membutuhkan kader-kader yang paham akan kehumasan gerakan serta membuat pencitraan yang efektif, namun tetap sopan dan berada pada batas-batas kesederhanaan. Bukan riya’ apalagi bertingkah sombong di hadapan gerakan mahasiswa lainnya maupun ummat.

Ukh Aisyah juga menjelaskan mengenai arahan dari KAMPUS (KAMMI Pusat) terkait dengan mengefektifkan Humas Gerakan ini adalah dengan mengadakan Training Kehumasan Jilid 1 yang targetnya adalah seluruh kader KAMMI yang mempunyai tanggung jawab di humas masing-masing komisariatnya. Training Kehumasan ini sendiri mempunyai beberapa tahapan, yakni Training Kemuhasan 1 dan Training Kehumasan 2. Untuk Training Kehumasan 1 amanahnya dilaksanakan oleh Komisariat namun dengan peserta dari seluruh komisariat di daerah. Dan Humas KAMDA menawarkan kepada KAMMI STKS Bandung untuk menjadi penyelenggaranya, dengan dibantu oleh KAMMI Komisariat POLBAN.

Wah kenapa KAMMI STKS Bandung yang dipilih? That’s a good question, Sahabat ^_^

Alasannya cukup simple, beberapa waktu ini (satu bulan terakhir) KAMMI STKS Bandung lah yang memang rajim membuat dokumentasi dan publikasi terkait kegiatan di lingkup STKS Bandung sendiri maupun kegiatan-kegiatan yang diikuti bersama KAMDA dan komisariat lain. KAMMI STKS Bandung sangat progressive di bidang kehumasannya, dan itu membuat KAMMI STKS Bandung namanya cepat naik daun layaknya saudara seperjuangan di Jakarta, KAMMI Madani. Kami adalah kader-kader dengan kuantitas sedikit, namun mau dan mampu menampilkan sosok militansi serta semangat ke-KAMMI-an yang tak patut dipandang sebelah mata. Kami ada karena kami berkarya, dan kami bukanlah kader-kader yang hanya puas membuntuti tanpa memberikan arti, tapi kami merupakan kader Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia yang siap berjihad dengan seluruh potensi dalam diri yang berawal dari Iman dan Ukhuwah. InsyaAllah. Allahu Akbar!!

Perbincangan pun berlanjut dengan penuh semangatnya, dan pada intinya KAMMI STKS Bandung siap untuk menjadi tuan rumah dalam acara Training Kehumasan 1 yang insyaAllah akan bisa kami hidangkan pada bulan September/Oktober 2012 nanti. Yang menarik, sebelumnya Humas KAMDA menyampaikan terkait dengan kehumasan dan kepenulisan ini, program kerja dari Humas KAMDA adalah Training Kepenulisan dan Training Kehumasan. Dan alhamdulillah, dari KAMMI STKS Bandung malah sudah merencanakan dalam waktu dekaty akan mengadakan Training Dasar/Sharing Kepenulisan bersama Ukh Greeny Azzahra yang merupakan Sekretaris Umum Forum Lingkar Pena (FLP) Kota Bandung periode 2011-2013. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa memang kader STKS Bandung sangat bersemangat sekali di bidang Kehumasan dan Kepenulisan sehingga patut diapresiasi oleh KAMDA dan kita semua (narsis.com) he he he ^_^v

Di atas segala alasan itu semua, insyaAllah KAMMI STKS Bandung berjuang bukan demi ketenaran, bukan demi sanjungan, apalagi uang. Perjuangan dan semangat ini adalah murni kami persembahkan kepada dakwah di jalan Allah. Innamal a’malu bin niyat. Ini sangat penting menjadi landasan untuk bergerak, ketika landasannya adalah demi kepentingan dunia, maka Allah akan mengabulkannya seperti tertuang dalam firman-Nya, “. . . . Maka di antara manusia ada orang yang bendoa: Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat” (Q.S. Al Baqarah: 200), namun bukan itu yang kami kejar, melainkan, “Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka. Mereka itulah orang-orang yang mendapat bahagian daripada yang mereka usahakan; dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya” (Q.S. Al Baqarah: 201-202).

Demikianlah hasil silaturahim dari Humas KAMDA Kota Bandung yang dapat di sampaikan. Semoga mampu menginspirasi dan membangkitkan gairah Tarbiyah Badal Hayah (long life eduation).

Sajian Kabar Berita dari Departemen Humas dan Media pada Ahad, 13 Mei 2012

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) STKS Bandung

Categories: Kegiatan KAMMI | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Ikhwah Berkomentar!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: