Bakul Listrik

Pemadaman bergilir, itulah momen-momen yang sekarang heboh memenuhi waktu–waktu praktikum. Tidak hanya di malam, namun siang hari pun ini menjadi satu kewajiban. Hmmm, all is well jika bisa terkondisikan. Lepas dari cerita dan keadaan yang memberikan keterbatasan, terlebih dalam mendayagunakan barang-barang elektronik, saat itu………….

Allahu Akbar, Allahu Akbar….

Alhamdulillah, adzan Isya telah berkumandang, kebetulan yang berada di posko hanya tiga akhwat. Sekalian shalat Isya’ berjamaah menjadi pilihan terbaik. Dua puluh tujuh kali, pikir kami semuanya cukuplah menantang.

Wudhu pun sudah bergantian, selesai antrian, ok kami siap untuk shalat. Lancar dari rakaat pertama, kedua, ketiga dan hendak bangun menuju rakaat empat. Crrriiiiiiiiiiiiiinggggg. Bidadari–bidadari syurga muncul, mendapat giliran mati lampu. Ruang utama tampak dengan gelap kegulitaannya. Masih menyisakan satu rakaat. Total itu gelap, tak ada satu cahaya pun yang nampak dan bisa dilirik.

Jika itu tidak sedang shalat, mungkin kita sudah bergandengan dengan yang lain, sembari lirik mengucapkan “gelap”. Subhanallah, kami pada bisa menahan dan melanjutkan shalat.

Selepas shalat muncul satu pikir dan tanya yang cukup besar, apa yang menyebabkan suara ini tak keluar untuk memanja pada yang lain, mengadu dan menyampaikan ketakutan pada yang lainnya? Karena saat itu posisi kita sedang shalat, saat menghadap pada Allah, saat berada dalam perlindungan di atas perlindungan, jadi ada muncul getaran suara “Allah ada bersamamu” nampaknya itulah yang tertanam.

Membawakan satu bakul hikmah yang ingin dibagikan untuk santapan dalam keseharian. Sebenarnya masih berada pada satu level dan satu konteks yang untuh. Kita hidup dalam keberlanjutan dan mana setiap keadaannya itu adalah waktu kita mendapat perhatian yang terus menerus dari Sang Maha Pemerhati. Dari Allah Swt, tak gentar di waktu kita sendiri, selalu dijaga, tak hambar dalam bersama juga selalu dilindungi. Meski ini masih mengacu pada hal yang kecil, tapi semoga tetap bisa mengantarkan kita pada hal-hal yang besar. Insya Allah.

Bismillah, ayo hadirkan Allah di mana saja dan kapan saja. Saat sendiri maupun saat bersama.

Keep istiqomah Ikhwah. [EDS]

Gerakan Kader KAMMI Menulis (GK2M) oleh Erna Dwi Susanti pada Senin, 14 Mei 2012

Kepala Departemen Humas dan Media

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) STKS Bandung

Categories: Artikel Hikmah | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Ikhwah Berkomentar!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: