Melacak Profesionalisme Peksos di Kampus STKS Bandung

Teman-temanku sekalian, pernah gak kalian merasa bahwa selama kita belajar banyak hal tentang seluk beluk pekerja sosial dalam mewujudkan kesejahteraan sosial di Kampus kita tercinta STKS Bandung kebanyakan sebatas teori saja tanpa aplikasi yang nyata ke masyarakat. Terutama masyarakat sekitar kampus khususnya? Tapi kebanyakan mahasiswa tidak menyadari itu dan merasa itu adalah hal yang wajar sebagai mahasiswa. Memang ada sebagian dari teman-teman kita tergabung dalam organisasi ekstra maupun intra kampus yang bergerak di bidang pengabdian masyarakat. Tapi kan hanya sedikit, itupun dari kalangan teman-teman kita yang memang sadar akan arti penting mahasiswa.

Kampus kita STKS Bandung dikenal sebagai kampus yang mencetak pekerja sosial profesional untuk melayani para PPKS. Ilmu yang kita dapat di kampus ini sangatlah bermanfaat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kita diajarkan bagaimana menangani masalah klien mulai dari pendekatan kita kepada klien, kemudian menganalisis masalah, intervensi, dan yang terakhir adalah terminasi. Kita juga belajar bagaimana menjadi pekerja sosial yang baik dengan landasan kita yaitu kode etik pekerja sosial.

Beberapa yang saya sebutkan di atas hanyalah sebagian kecil dari ilmu-ilmu yang kita dapat dari para dosen profesional di bidangnya. Dosen yang profesional akan menghasilkan mahasiswa yang profesional pula di bidang pekerjaan sosial. Namun sadarkah kita keprofesionalan para dosen tidak akan tertular begitu saja ketika kita hanya masuk kelas, mengerjakan tugas, presentasi makalah, bertanya, menyampaikan pendapat, dan kemudian keluar kelas dengan hanya membawa omongan yang kedengarannya begitu bijaksana tanpa adanya perealisasian. Bukankah dalam Islam juga dianjurkan untuk memberi manfaat kepada sekitar? “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya” (al Hadist).

Ilmu pekerja sosial bukanlah ilmu teori saja yang hanya mengandalkan rangkaian kata-kata tanpa adanya pelaksanaan. Ilmu yang  didapat tidak akan berguna sama sekali ketika kita hanya aktif berbicara dalam kelas kemudian mendapatkan nilai dari dosen. Seorang pekerja sosial profesional bukanlah orang-orang yang hanya pandai dalam berteori saja, namun seorang pekerja sosial profesional adalah mereka yang mampu mengamalkan illmu yang didapatnya kepada masyarakat.

Kembali lagi kepada peran mahasiswa. oleh karena itu kita sebagai mahasiswa harus lebih berperan aktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tak perlu menunggu lulus untuk dapat mengamalkan ilmu kita kepada masyarakat. Tidakkah kita malu kepada mahasiswa dari kampus lain yang notabene kebanyakan dari  ilmu yang mereka dapat sangat sedikit berhubungan dengan pelayanan masyarakat, bahkan ada yang tidak berhubungan sama sekali. Tapi mereka lebih berperan aktif mengadakan kegiatan-kegiatan bakti sosial? Tidak malukah kita sebagai mahasiswa Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial?

Lalu pertanyaannya mengapa ini bisa terjadi kepada teman-teman mahasiswa STKS Bandung?

  1. Teman-teman mahasiswa kebanyakan kurang tahu peran pentingnya sebagai mahasiswa.
  2. Kurangnya kepedulian terhadap masyarakat sekitar.
  3. Banyak dari mahasiswa yang kurang tertarik kepada organisasi kemahasiswaan intra maupun ekstra kampus yang bergerak dalam bidang pelayanan sosial.
  4. Sebagai calon pekerja sosial para mahasiswa menganggap bahwa “kita saja sebagai mahasiswa saja belum sejahtera, bagaimana bisa mensejahterakan orang lain?”

Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa STKS harus lebih peka terhadap masalah sosial yang berada di sekitar kita. Tapi itu saja tidak cukup tanpa di iringi kemauan untuk bekerja keras membangun masyarakat.

Hidup Mahasiswa STKS. . .!! Allahu Akbar!!

Gerakan Kader KAMMI Menulis (GK2M) oleh Muhammad Ikhlas Samad pada 18 Mei 2012

Mahasiswa Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung angkatan 2011 asal Pangkep, Sulawesi Selatan

Staf Departemen Pengembangan Sosial Masyarakat (PSM) KAMMI STKS Bandung

Categories: Kampus dan Mahasiswa | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Ikhwah Berkomentar!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: