SHARE N’ DISCUSS KEPENULISAN #1

Alhamdulillah untuk kali pertama humas KAMMI STKS bisa melaunchingkan satu program (yang optimis bisa dirutinkan setiap pekan) terkait ‘dilema kepenulisan’. Berangkat dari penguasaan media, maka mau tidak mau setiap penggerak perubahan dituntut untuk memiliki gagasan yang bisa disampaikan ke publik dan gagasan tersebut bisa dikomunikasikan dengan lancar serta menggengam aroma pergerakan dalam segala lini kehidupan. Bismillah, dengan i’tikad yang demikianlah KAMMI STKS berangkat menggagasnya. Dan dengan tegas kami menamakan kegiatan ini “Share and Discuss Kepenulisan” (SD Kepenulisan)

Di kesempatan pertama yang kami pecahkan adalah kemistisan menulis. Menulis yang menjadi dilema berkepanjangan bagi sebagian orang, namun hakikatnya tidaklah demikian. Inisiasi dari seorang mas’ul yang menawarkan mengundang seorang tokoh Forum Lingkar Pena Bandung (Greeny Az Zahra) selaku sekum FLP Bandung periode ini hingga 2013 mendatang terjalankan dengan mengangkat tema “Menulis; “Gift” atau “Skill”.

Over view singkat isi dari SD #1

Sebagian orang menganggap enulis adalah suatu keahlian atau bakat terpendam yang hanya dimiliki oleh segelintir orang. Menulis dianggap sebagai “gift”, padahal sejatinya menulis adalah “skill”.

Mengapa menulis dapat dikatakan “skill” atau ketrampilan?, tentunya ada beberapa alasan yang mendasar,

Pertama, karena menulis bisa dipelajari oleh siapa saja. Tua, muda, pekerja, dokter, karyawan dan lain-lain. Menulis bukan hanya skill yang dimiliki oleh orang-orang yang berkecimpun di dunia sastra saja.

Selanjutnya, menulis disebut ketrampilan karena jika kita ingin mahir menulis, maka kemampuan menulis harus terus diasah. Coba kawan-kawan ingat berapa tulisan yang telah dibuat sepanjang hidup? 1? 2? 3? 5? 7? 10? Kalau begitu, jangan dulu menganggap bahwa “saya tidak berbakat menulis!”. Namun ketika sudah menulis 200, 300, 500 atau 700 artikel masih “kurang” baru dipertanyakan “ada apa” dan “kenapa”. Selagi belum ada perlakuan dan usaha yang lebih yang telah kita upayakan jangan mengukurnya dengan mudah. Lanjutkan dan berhentilah menyerah.

Terakhir,  menulis adalah ketrampilan karena itu butuh semangat untuk memulainya. Memang, memulai sesuatu akan terasa lebih berat, maka dari itu kita mesti mengetahui bagaimana langkah awal memulai. Lantas dari manakah kita harus mulai menulis?

Menulis itu dimulai dari….
•    Motivasi yang kuat. Komitmen untuk menulis akan muncul ketika kita memiliki motivasi yang kuat. Temukan motivasi terkuat kita dalam menulis maka hal tersebut akan menjadi penggerak kita. “Tidak ada orang yang malas, yang ada adalah orang yang tidak memiliki motivasi”

•    Membaca. Virginia Wolf seperti yang dituliskan oleh Karlina Leksono (1999) menyebutkan bahwa cara terbaik untuk membaca adalah (juga) menulis. Membaca bukan bagian terpisah dari menulis, keduanya berasimilasi menjadi komponen penting dari kehadiran buku. Sehingga jika kita ingin mulai menulis, maka mulailah terlebih dahulu dengan membaca.
Taufiq Ismail menyebutkan bahwa jika kita ingin pandai menulis, maka: “Membaca, membaca, membaca, menulis, menulis, menulis”,

•    Langkah selanjutnya ialah tentu saja menulis! Ambil pena, bawa catatan atau nyalakan komputermu dan menulislah.

Langkah-langkah agar kita dapat menghasilkan tulisan yang baik:

1.    Prewriting
Berpikir dan merencanakan

2.    Drafting
Tulis dan gambarkan

3.    Revising
Jadikan tulisan kita lebih baik

4.    Editing
Perbaiki kesalahan tulisan

5.    Publishing
Publikasi dan sebarkan tulisan.

Ayo ikhwah, tiada gentar pena-pena kita untuk membantu berdakwah. Teruslah membaca dan menulis dan jadikanlah ia sebagai candumu. Membacalah kalau kita ingin kenal dunia dan menulislah kalau kita ingin dunia kenal kita.

Ern Hidayatul Ulya
Bandung, 21 Mei 2012

G A L L E R I E S

==

Categories: Kegiatan KAMMI | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Ikhwah Berkomentar!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: