AKSI Solidaritas KAMMI Daerah Bandung untuk Muslim Rohingya-Arakan

Bismillahirrohmaanirrohiim,,,

Telah diwajibkan bagi kita berjuang

Memberantas semua bentuk kemaksiatan

Telah dikumandangkan komando perang

Melawan segala kejahiliyahan

-Nasyid Panggilan Jihad by Generani Rabbani-

Kajian telah dilaksanakan, konsolidasi telah dirampungkan, pemahaman yang baik telah ditanamkan, dan persiapan pun telah dimatangkan. Memang sudah menjadi kebutuhan mendesak (urgent) bagi kaum muslimin saat ini untuk turut serta memikirkan nasib saudaranya yang tengah berada di bawah penindasan maupun pembantaian di Arakan-Myanmar. Merekalah saudara kita –etnis Rohingya- yang telah lebih dari tujuh minggu ini ditindas begitu luar biasa. Tidakkah hatimu tergerak Wahai ikhwah fillah sekalian?

Belalah (tolonglah) kawanmu baik dia zalim maupun dizalimi. Apabila dia zalim, cegahlah dia dari perbuatannya dan bila dia dizalimi upayakanlah agar dia dimenangkan (dibela). (HR. Bukhari)

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Daerah Bandung bersama seluruh KAMMI komisariat se Kota Bandung pada hari Rabu, 01 Agustus 2012 telah melaksanakan AKSI solidaritas turun ke jalan guna menggugah kesadaran warga masyarakat Bandung atas penindasan etnis Rohingya yang tanpa ada suara pembelaan signifikan baik dari ASEAN maupun PBB. Mana yang katanya pembela HAM? Mana yang katanya penyeru KEBEBASAN? Mana yang katanya peraih NOBEL PERDAMAIAN? Semua kini terasa begitu kerdil ketika melihat kenyataan ribuan umat muslim di Arakan ditindas, diusir hingga dibantai habis-habisan. Tak cukup sampai di situ, negara-negara lain yang didatangi oleh para pengungsi etnis Rohingya ini pun enggan untuk menerima mereka –termasuk juga di Riau, Indonesia-, padahal jelas-jelas mereka sedang terzalimi dan membutuhkan bantuan. Inna lillahi wainna ilaihi rojiiunn. . .

Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya, tidak menzaliminya dan tidak mengecewakannya (membiarkannya menderita) dan tidak merusaknya (kehormatan dan nama baiknya). (HR. Muslim)

AKSI Solidaritas untuk Rohingya ini diikuti oleh lebih dari 30 aktivis KAMMI se Bandung Raya yang Komandan Lapangan (Danlap)-nya langsung dipimpin oleh Uda Mohd. Akhir Nasution dari KAMMI Komisariat ITB. Berkumpul di Masjid PUSDAI kemudian berjalan dengan seruan DAMAI ke arah depan Gedung Sate (Gedung Pemerintahan Provinsi Jawa Barat).

Ketahuilah wahai ikhwah sekalian bahwa bulan Ramadhan adalah satu bulan dimana Rasulullah banyak mengumandangkan jihad, begitu pula dengan KAMMI. Dengan semangat yang sama, maka lapar dan dahaga yang tengah dirasa tak menjadi kendala untuk menyerukan suara kepedulian bagi umat muslim Rohingya. Apalagi kejadian di sana sesungguhnya bukanlah konflik etnis dan agama semata, melainkan telah menjadi konflik yang dimainkan oleh pihak-pihak di luar Myanmar –baca:China, silahkan baca analisis dari Kang Jusman Dalle-. Terlebih lagi kekerasan dan pembantaian di sana adalah suatu pelanggaran HAM berat dan ini telah menjadi isu kemanusiaan bagi siapa saja yang di dalam hati dan jiwanya masih tersimpan sifat-sifat perikemanusiaan yang utuh (syumul).

Orasi pun disuarakan dari masing-masing komisariat, dan semuanya memang telah bersepakat bahwa telah menjadi kenyataan bahwa Muslim Rohingya telah berduka, dan kita patut memikirkan serta turut mencari jalan keluarnya. Di tengah-tengah AKSI, diselingi juga teatrikal bagaimana menyedihkannya nasib mereka –etnis Rohingya- dan segera menanti kepedulian kita semua.

Barangsiapa tidak memperhatikan (mempedulikan) urusan kaum muslimin maka dia bukan termasuk dari mereka. (HR. Abu Dawud)

KAMMI Bandung telah bergerak, bagaimana dengan Antum semua wahai Ikhwah Fillah? KAMMI tunggu AKSI-mu..!!

Download Catatan bentuk file .Pdf di sini AKSI Solidaritas KAMMI Daerah Bandung untuk Muslim Rohingya 01 Agustus 2012

Salam hangat dalam kepedulian untuk Muslim Rohingya by Muhammad Joe Sekigawa, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

Koordinator Umum BSO Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) STKS Bandung

An Undergraduate Social Work Student of Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation 2008

Selesai ditulis pada Kamis pagi, 02 Agustus 2012 at 04.30wib @Kamar Peradaban, Dago Pojok, Bandung-Jawa Barat

G A L L E R I E S

==

==

==

==

==

==

==

==

==

 ==

==

Categories: Kegiatan KAMMI | Tags: , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Ikhwah Berkomentar!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: