Gunakan Bahasa Terbaikmu dalam “Amar Ma’ruf Nahyi Munkar”

Gunakan Bahasa Terbaikmu dalam “Amar Ma’ruf Nahyi Munkar”
Oleh : Irmawati Nurul Jannah (Kadiv Kaderisasi KAMMI STKS Bandung)

Dakwah adalah CintaBahasa merupakan salah satu alat komunikasi manusia untuk menyampaikan informasi, biasanya komunikasi ini disebut dengan komunikasi verbal, yang secara nyaring dan jelas dapat didengar dan dirasakan oleh penerima informasi. Urgensinya dakwah dengan menggunakan bahasa itu supaya apa yang disampaikan itu jelas. Kebayang kalau seorang da’i dia menyampaikan materinya dengan isyarat, mustaminya pada bengong semua kayaknya. Untuk itu seorang da’i itu kalau mau berdakwah yang harus dipersiapkan yang pertama ilmunya yang sudah mantap, yang kedua bahasa penyampaiannya yang bagus. Dalam dakwah itukan yang disampaikan adalah nasihat-nasihat yang terdapat dalam qur’an dan sunnah yang harus diketahui oleh seluruh manusia sebagai ilmu tertinggi dalam kehidupan, makanya harus hati-hati.

Kehati-hatian seseorang dalam menyampaikan kebaikan itu tersirat dalam Q.S. Ali Imron (3):159) yaitu:
Maka berkat Rahmat Allah engkau (muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu,……Sebagai para pengemban dakwah ada baiknya menjadikan hal ini sebagai tindakan kehati-hatian dalam menyampaikan kebaikan, yang seharusnya menjadi kabar gembira untuk orang-orang yang belum mengetahuinya atau orang tahu yang tidak mau tahu, atau orang yang tidak tahu dan tak sadar kalau dia tidak mengetahuinya.

Terkadang kita berfikir bahwa sebuah nasihat kebaikan itu meskipun berat dan pahit itu harus disampaikan, memang betul ,namun mengenai hal ini harus juga diperhatikan kondisi dan tempatnya, jangan sampai ketika di tempat umum atau sekarang yg lagi ngetren itu di jejaring sosial (Fb,Twitter, My space,BB, dll) kita sampaikan nasihat yang ditujukan pada 1 orang atau segolongan orang dengan bahasa dan tutur kata yang keras lagi menyakitkan, makanya dampaknya orang yang seperti itu suka ditagih kembali oleh orang yang dinasihati tentang pengamalannya terhadap hal ihwal yang dinasihatkannya,,pernah dengar tentang ungkapan sahabat kepada sahabat yang lain di zaman Rasulullah ketika hendak dinasihatin, ceritanya sahabat yang satu ini menasihati mengenai hal-hal yang kurang baik yang dilakukan sahabatnya didepan sahabat-sahabat yang lain,tentu saja sahabat tersebut merasakan sakit hati dan bilang ke sahabat yang menasihatinya “aku akan mendengarkan nasihatmu ketika kita sedang berdua daripada harus didepan banyak orang karena rasanya sangat malu”. Untuk hal ini nanti jatuhnya malah mendzolimi kan? satu sisi kita memberi nasihat dan lain sisi kita malah menyakiti hatinya, akhirnya nasihat itu tidak berdampak sama sekali.

Dalam menyampaikan kebaikan dan mencegah kemungkaran juga diutamakan dahulu keikhlasan hati kita dalam menyampaikannya jangan sampai tertipu oleh hawa nafsu, karena bisa jadi keinginan kita untuk mengingatkan teman atau orang yang sedang melakukan kejelekan justru karena kita merasa marah dan kesal yang akhirnya menggebu-gebu ingin menasihatinya dalam keadaan yang kurang tepat, maka ikhlaskan dulu cari waktu yang tepat dan kondisi yang tepat untuk kemudian kita sampaikan kebaikan itu dengan sebaik-baiknya.

MARI SAUDARAKU KITA MENJADI ORANG BAIK YANG SENANG MENYEBAR KEBAIKAN DENGAN SIKAP DAN BAHASA TERBAIK DARI DIRI KITA UNTUK MENJADIKAN KABAR GEMBIRA (AL-QUR’AN DAN HADIST) INI MENJADIKAN ACUAN KEBAIKAN DALAM LANGKAHNYA.

Categories: Tsaqofah Islamiyah | Tags: , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Ikhwah Berkomentar!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: