Semangat Juang Seorang Mujahid Muda

Assalamu’alaikum wr. wb .. berikut adalah rangkaian cerita dari:

RYNDI DWI ZIVIANI (Kader baru KAMMI STKS Bandung)

Semoga bermanfaat dan mohon kritik dan sarannya. terimakasih dan selamat membaca ^ ^

Bismilahirrahmanirrahiim ..

Persiapan
Date pada Layar handphone adalah 26 April 2013, Bandung. Aku melirik jam yang telah menunjukan pukul 17.00 WIB. Tangan kananku sibuk menyetrika baju untuk bekal ganti pakaian. Persyaratan sudah terkumpul dan siap untuk di kemas. Waktu terus bergerak, aku tahu ini saatnya berangkat bersama rombongan KAMMI ITB-STKS ke tempat kegiatan LEADERSHIP TRAINING CAMP DAURAH MARHALAH (DM) I.

Nada dering handphone terus berkejaran, membawa pesan-pesan yang memberi peringatan untuk cepat bergegas datang ke tempat pemberangkatan. Aku tahu ini sudah sangat terlambat, tapi aku tak menghiraukannya. Karena banyak pekerjaan yang harus kukerjakan sebelumnya ditambah lagi kelas kuliah padat sampai sore. Sehingga waktu yang tersisa tak cukup untuk persiapan yang matang dan cepat. Akhirnya, setelah berkemas aku berlari menuju tempat pemberangkatan yaitu kampus STKS (SEKOLAH TINGGI KESEJAHTERAAN SOSIAL) beruntung tak tertinggal, alhamdulillah hati mengucap syukur. Rombongan berangkat ketika adzan maghrib berkumandang, karena mengejar waktu kegiatan. Tidak sampai 15 menit sudah sampai ketempat tujuan tepatnya di Ciburial.

Tiba di Lokasi
Pertanyaan yang sedari tadi ada dalam benak ini adalah tempat seperti apa yang akan menjadi berlangsungnya kegiatan DM I. Tetapi keadaan situasi dan kondisi disana mampu menjelaskannya. Pondok Pesantren Babussalam Bandung  merupakan tempat kegiatan akan dilaksanakan, selama 2 malam 2 hari. Kegiatan dimulai dari shalat maghrib dan isya kemudian pembukaan DM I oleh Ketua BSO (Badan Semi Otonom) KAMMI STKS Bandung yaitu Akhi Muhammad Ikhlas Samad.

Keadaan Lokasi
Tempat ini terasa hangat, bersih, dan rapih. Berlangitkan atap yang putih dihias 6 lampu neon, beberapa jendela yang sengaja dibuka dan berlantai kayu. Para santri menyebutnya ini adalah tempat ibadah dan belajar.

Materi dimulai
Acara berikutnya adalah learning. Terdiri dari 2 sesi untuk malam ini dari pukul 20.00 WIB – 23.00 WIB.

Materi I Syahadatain bersama Eko Kurnianto W. yang menyentuh memberikan pemahaman betapa pentingnya syahadat untuk kesempurnaan iman seorang muslim.

Materi II How to Lead with Heart? bersama A. Adityareza menemukan bagaimana memimping dengan hati pada zaman sekarang. Bahwa dakwah itu lebih efektif melalui Passing Leading dimana kita mengajak dan melakukan kebaikan. Mengutip dari nasihat Aa Gym: “Dimulai dari diri sendiri-dimulai dari hal kecil-dimulai dari sekarang” dapat memudahkan kita untuk mulai berdakwah. Kegiatan di hari pertama telah selesai, para peserta yang terdiri dari 5 Ikhwan (laki-laki) dan 5 Akhwat (perempuan) pun dipersilahkan beristirahat tidur.

Waktu Bangun tidur adalah pukul 03.00 WIB tanggal 27 April 2013 untuk melaksanakan shalat Sunnah Tahajud, Taubat, Witir,  Tilawah dan shalat shubuh.  Kemudian berhiyadah (olahraga) keliling pesantren yang begitu sejuk dan pemandangan hijau menenangkan hati.

Kegiatan hari kedua dimulai dari pukul 08.00 WIB – 22.30 WIB. Learning hari ini terdiri dari 6 sesi.

Materi I (pertama) bersama Akhi Mohd. Akhir Nasution. Beliau membawakan materi Problematika Ummat. Begitu kompleksnya permasalahan yang sedang dihadapi Negara Indonesia ini negeriku yang ku hormati dan ku cintai. Kemiskinan struktural, disfungsi sosial, dekadensi moral, pengangguran, dan lain-lain. Itu semua hanya sebaris kalimat masalah negeri ini dari beribu bahkan tak terhingga masalah saat ini. Problematika Ummat yang berawal dari Penyimpangan Aqidah terus merambat ke persoalan Hukum, Budaya, Agama, Sosial, Ekonomi, penyimpangan Nilai dan Norma yang seharusnya dijunjung tinggi dan dihormati. Bahkan persoalan Kepemimpinan menjadi induk yang harus dianalisis. Masyarakat dan semua penghuni negeri ini adalah penyebab keterpurukan yang dialami sekarang. Dibutuhkan pemuda-pemuda seperti Mahasiswa yang berhimpun dan berorganisasi. Perlu adanya bersinergi/berkolaborasi dengan Pemerintah, masyarakat luas, agent of change yang berpartisipasi aktif membangun NKRI kokoh, adil, sejahtera yang merata, dan menjungjung tinggi Nilai Agama  sehingga tidak ada lagi permasalahan yang terjadi seperti sekarang.

Materi II Urgensi Tarbiyah. Tarbiyah merupakan sarana pendidikan untuk membentuk individu, keluarga, masyarakat, dan generasi Islam, serta peradaban Islam untuk menjadi Ummat yang Islami. Berpedoman pada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Pendidikan Islam yang mengarahkan kehidupan muslim untuk berkembang dan dapat terus meningkatkan keimanannya. Mengapa Tarbiyah? Alasan Tarbiyah, yaitu: -Rasul Mengajarkan untuk keluar dari kebodohan. -kondisi ummat Islam. -jalan keluar dari kesesatan. Jeda waktu untuk beristirahat dan shalat dhuhur.

Materi III bersama Bapak Eko Kurnia Saputra (Staf Khusus Menteri Sosial RI), Peran Pemuda dalam Perubahan Sosial.
Peran Pemuda: –Direct of Change, –agent of change, –iron stock, –moral force, –social control. Modal Pemuda: -moral spiritual, -kemampuan intelektual, -kekuatan ideologis/idealisme, -manhaj/metodologi, -kefitrahan, energik, santun. Maka peran pemuda merupakan kekuatan yang hakiki.

Materi IV Syar’ipreuneur berisikan bahwa bisnis harus menjadi proses penghambaan kepada Allah SWT. “Bussiness is intelectual sport NOT emotional spirit“. Strong leadership merupakan syarat menjadi pengusaha dengan strategi, skill dan cara/atusan main yang cerdas. 3 hal yang harus diperhatikan yaitu: 3P;  pleasure, passion, purpose.

Materi selanjutnya yaitu pengenalan organisasi Kammi. Rentetan kegiatan hari kedua telah selesai. Kegiatan masih sama seperti dilakukan malam pertama: shalat tahajud, taubat, witir, tilawah.

Tetapi malam kedua ini mempunyai kesan yang mendalam dimana kita memiliki acara muhasabah (renungan) yang bertujuan untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Setelah mata lebam, hati tenang dan mata merah karena menangis. Kami para peserta kembali ke tempat ibadah untuk shalat shubuh.

Perjalanan pagi mungkin adalah puncak kegiatan, para peserta untuk melewati pos-pos yang memiliki standar untuk dapat kami laksanakan. Tidak mudah memang tetapi Alhamdulillah kami mampu melewatinya. Tibalah saatnya di pos internalisasi dimana ini adalah pos terakhir. Para peserta diuji mental dan berikrar di bawah langit biru, di atas bumi, di bukit hijau. Bahwa KAMMI adalah para mujahid negarawan, berikrar “KAMMI bertujuan untuk jihad fisabilillah, modal KAMMI adalah Iman dan ukhuwah.

Ikrar Mujahid

Jika ada 100 orang yang berjihad di jalan Allah, maka salah satunya adalah aku.

Jika ada 10 orang yang berjihad di jalan Allah, maka salah satunya adalah aku.

Jika hanya ada 1 orang yang berjihad di jalan Allah, itu adalah aku.

Jika tidak ada lagi yang berjihad di jalan Allah, maka saksikanlah aku telah mati syahid.

“Kemenangan Islam adalah jiwa perjuangan KAMMI”. Kalimat-kalimat itu kami ucapkan lantang, yakin dan ikhlas. Takbir bergema, air mata tumpah tak tertahankan. Hati ini siap untuk kemenangan Islam.

Kegiatan-kegiatan diatas memberikan kesan, pesan, ilmu yang bermanfaat. Semoga keikutsertaanku dalam DM1 menjadikanku pribadi muslim yang lebih baik lagi dan dapat istiqamah dijalan yang di ridhoi-NYA.

Alhamdulillah para peserta dinyatakan lulus dan telah bergabung dengan KAMMI untuk siap menjadi Mujahid Negarawan.

Puji syukur kepada dzat yang paling tinggi, dan aku memohon ampun atas dosa yang telah aku perbuat dan yang belum kuperbuat. Terimakasih atas bimbinganMu ya Allah semoga Kau selalu bersamaku. terimakasih kepada panitia dan seluruh keluarga KAMMI yang telah mendukung, semoga kita dapat menjadi generasi islam yang beriman dan dapat menjadikan ukhuwah senjata kita. aamiin🙂

alhamdulillah ..
wassalamu`alaikum wr. wb.

Categories: Artikel Ikhwah, Kegiatan KAMMI | Tags: , , , , | Leave a comment

Post navigation

Ikhwah Berkomentar!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: